EQSPAN (Oil&Gas Training Center) > Article > Tips Fresh Graduated di Perusahaan Migas

Tips Fresh Graduated di Perusahaan Migas

b3Pekerjaan dibidang migas bisa saya kategorikan menjadi 4, yaitu :

BUMN
Disini kita bisa melihat perusahaan2 seperti BP MIGAS dan DITJEN MIGAS, yang berada dibawah presiden langsung atau dibawah departemen ESDM. Banyak orang yang tadinya bekerja di perusahaan2 swasta pada akhirnya mengincar perusahaan2 BUMN, mungkin dengan bekerja disini mereka bisa menemukan salary yang cukup, jadwal ke lapangan yang tidak terlalu sibuk atau bisa diatur sendiri, serta kehidupan yang nyaman untuk berkeluarga.

Oil and Gas Company
Perusahaan2 seperti Pertamina, chevron, total, conocophillips, exxonmobil, seleraya, atau untuk skala yang lebih kecil seperti JOB dan TAC saya masukkan semuanya kesini. Nama2 perusahaan disini sering kali didengar oleh umum. Untuk 5 nama perusahaan diatas biasanya tes masuknya tergolong sulit dan membutuhkan IPK>3,0. Selalu menjadi rebutan banyak orang karena salary yang cukup besar untuk fresh graduate, sejumlah tunjangan yang menggiurkan serta peluang untuk bisa bekerja diluar negeri atau diluar kota. Fresh graduate tentunya bisa masuk ke perusahaan ini, dari jurusan apa pun, tapi membutuhkan faktor keberuntungan yang cukup besar karena saingan2 kita kadang2 jumlahnya bukan puluhan orang, tapi bisa ribuan orang. Tapi untuk perusahaan2 JOB dan TAC mungkin persaingannya lebih sedikit.

3. Service Company
Disini masuk perusahaan2 penyedia jasa dan peralatan seperti halliburton, schlumberger, PTI, baker hughes, weatherford, atau yang skalanya lebih kecil seperti elnusa, pakarti, qui handika, saripari yang merupakan perusahaan2 lokal tetapi punya nama didalam negeri. Selain itu ada juga perusahaan jasa inspeksi peralatan migas sebelum disertifikasi. Untuk para fresh grad yang ingin bekerja dibidang migas peluangnya jauh lebih besar di kategori ini karena perusahaan2 seperti ini jumlahnya banyak sekali, baik perusahaan lokal maupun internasional. Gaji tidak bisa dijadikan patokan tapi tetap diatas rata2 perusahaan non-migas.

how-to-register

NEWS UPDATE

01 Des 2015 Daftar & Dapatkan informasi terkini dan HARGA PROMO seputar Training kami. Klik INFO untuk informasi selengkapnya.